Menentukan Arah - Mazdesu
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menentukan Arah

Menentukan Arah
Mungkin sampai disini Mazdesu belum jadi apa-apa. Belum juga jadi siapa-siapa. Mazdesu sampai saat ini (sampai tulisan ini dipublikasi) masih belum memberi kontribusi yang berarti untuk kalian semua, pembaca setia blog Mazdesu.

Setelah sekian lama nge-blog dan beraktivitas di dunia nyata, saya belajar banyak tentang arti hebatnya sebuah kata ‘manfaat’. Saya jadi sadar betapa krusialnya faktor ‘kebermanfaatan’ dalam suatu hal. Karena itulah, mulai dari sekarang, saya mohon maklum pada kawan semua.

Ada apa sebenarnya?

Mulai sekarang, saya akan menerapkan sekali prinsip BAIK dalam blog ini. Apa itu prinsip BAIK?
  • Bermanfaat: maksudnya artikel yang dimuat di blog Mazdesu itu haruslah memberi pengaruh positif bagi kawan sebagai pembaca dan khususnya bagi saya sendiri bagi orang yang menulis dan mengunggah artikelnya.
  • Aktual: maksudnya artikel yang disajikan di blog ini akan dan harus sesuai dengan fakta (kalau bisa dengan data yang valid mungkin akan lebih joss!) lagi. Jadi, bisa juga dibilang artikel yang disajikan di blog ini adalah artikel yang kredibel. Asik.
  • Informatif: maksudnya artikel yang ada di blog Mazdesu ini dapat menambah wawasan kawan. Setidaknya, dengan membaca artikel-artikel yang ada di Mazdesu, kawan bisa dengan tenang bilang, “Ohh, jadi gitu,”
  • Kekinian: maksudnya, mulai dari sekarang dan seterusnya, saya akan mencoba mencari topik yang sedang ‘hot’ atau istilah anak sekarangnya itu sedang ‘in’. Tapi saya nggak janji, ya? Karena saya juga bukan orang yang terlalu up-to-date terhadap informasi anak muda zaman sekarang.
Walaupun begitu, saya tetap mengikuti kaidah per-blogging-an di Mazdesu, yaitu menggunakan Bahasa Indonesia yang santai dan tidak terikat dengan aturan/ kaidah jurnalistik. Jadi, saya harap kawan tetap bisa santai membaca dan berada di blog Mazdesu ini.

Topik apa saja yang dibahas di akan fokus dibahas di blog ini?

Guna mendukung prinsip saya tadi, saya akan fokuskan blog ini untuk membahas beberapa topik saja. Apa saja?

Blogging

Topik ini tetap akan saya bahas satu atau dua kali dalam beberapa waktu. Dalam topik ini, saya akan coba berbagi pengetahuan saya seputar SEO, tips blogging, berbagi template blogger, serta sedikit kisah motivatif tentang blogging supaya saya dan kawan yang juga nge-blog bisa terus termotivasi dan semangat dalam mengisi blog dengan konten-konten positif.

Islam

Mungkin topik ini akan menjadi salah satu topik yang paling sering saya isi berhubung sekarang ini saya sedang haus-hausnya akan ilmu keagamaan. Saya sedang sangat antusias mempelajari tentang sejarah Islam dan ilmu-ilmu keislamannya. Oleh sebab itu, saya harap maklum. Bukan mau sombong atau apa-apa. Saya menulis artikel di topik ini semata-mata untuk reminder saya pribadi. Jadi, tolong dukung saya ya, kawan?

Opini (Problem solving)

Topik  ini adalah satu dari sekian banyak yang mungkin akan sering saya bahas. Kenapa? Karena yang namanya masalah itu selalu ada dan akan selalu ada setiap harinya, bener nggak? Dan apa yang akan saya bahas? Saya akan mencoba memberikan pandangan saya (si manusia yang bodoh) terkait masalah yang sedang terjadi dan mencoba memberikan solusi yang harapannya aplikatif dan solutif. Begitu~!

Diary

Yah, mungkin topik ini akan tetap ada. Blog ini pada awalnya saya jadikan online diary dan saya rasa akan tetap menjadi seperti itu. Sesekali mungkin saya ingin mencurahkan seluruh hasrat jiwa dan ingin raga ini ke dalam tulisan di blog ini. Sharing sama kawan-kawan tentang masalah yang mungkin sulit dihadapi. I still believe in sharing as a solution of every problem.

Review

Topik review menurut saya akan menjadi salah satu topik yang masih ada. Ada beberapa hal yang mungkin akan sering saya ulas yaitu, tempat wisata, anime, film dan buku. Tak jarang saya juga mengulas hal-hal lain seperti makanan atau service atau website. Just wait and enjoy aja, ya?

Info Digest

Topik ini berkaitan dengan isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan. Saya tahu terkadang kita tidak suka membaca atau membahas politik, perkembangan ekonomi, atau masalah kemanusiaan. Saya sangat maklum. Tidak senang terhadap suatu topik itu hal yang wajar, tapi menutup mata dan telinga terhadapnya itu beda cerita. Kenapa? Kenapa harus menutup diri terhadap isu seperti itu?

Saya pernah diajarkan bahwa tahu itu ada gunanya, setidaknya ketika ada forum yang membahas masalah tersebut, kita bisa ikut ‘nimbrung’ disitu. Kan enak? Nah, topik ini adalah rangkuman khusus yang saya buat mengenai isu-isu tersebut. Jadi, kawan bisa mendapatkan gambaran terhadap suatu isu dan perkembangannya tanpa perlu berlangganan koran ataupun membuka banyak web berita. Ingat, punya wawasan itu baik. Salah satu contohnya adalah artikel berjudul Kronologi Masalah Puisi Sukmawati Soekarnoputri.

Wawasan

Nah, terkait dengan statement saya sebelumnya bahwa punya wawasan itu baik. Oleh karena itu, topik ini mungkin akan muncul di blog ini. Topik ini akan membahas tentang tips seputar dunia internet, how to sederhana. Mungkin bisa dibilang, topik inilah yang nantinya bisa membuat kawan bilang, “Ohh jadi gitu,” Mungkin.

Itulah beberapa topik yang mungkin untuk ke depannya akan banyak saya bahas. Meski begitu, saya harap kawan belum lupa kalau blog ini adalah personal blog, yang berarti blog ini sangat fleksibel. Mungkin nanti saya tiba-tiba mood nulis tentang kuliner, atau tempat wisata, atau mungkin tiba-tiba saya bikin puisi, jangan kaget atau protes, ya?

Oke, jadi itulah yang bisa saya sampaikan tentang apa yang akan saya lakukan di blog Mazdesu ini. Saya harap saya selalu ingat hal ini:
  • Bahwa Imam Syafi’i pernah bilang, “Ilmu yang bermanfaat bukan ilmu yang diingat, tapi yang diamalkan,”
  • Bahwa ada pepetah tua yang mengatakan, “Makin sering ilmu dibagikan, makin pintar.”
  • Bahwa saya berpendapat, “Blog Mazdesu haruslah jadi tempat sharing ilmu, dan self reminder.”
  • Bahwa segala sesuatu haruslah BERMANFAAT.
Terima kasih telah membaca artikel yang mungkin kurang penting ini. Sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

Posting Komentar untuk "Menentukan Arah"